essen katilayu

Tips Persiapan Memancing untuk Pemula

Assalamualaikum, apa kabar fisher Indonesia?? Kali ini Saya akan memposting artikel tentang persiapan memancing bagi pemula, walaupun tutorial sudah banyak di mbah google, saya akan meringkas artikel ini hingga ke inti solusi.

Untuk pembukaan saya akan membahas sedikit tentang statistik fisher di Indonesia. Hasil survey yang saya Analisa dari berbagai sumber di internet bahwa peminat dalam hobi memancing yang aktif hampir mencapai angka 4% dari total keseluruhan penduduk di Indonesia yang berjumlah 264 juta penduduk pada data tahun 2017.

Saya menemukan juga fakta lain terkait perikanan di Indonesia bahwa produksi perikanan hasil tangkapan air tawar mencapai 467,821 Ton data tersebut menurut kementrian ikan kkp.go.id pada tahun 2017. Info selebihnua saya tidak menemukan data baru di tahun 2018 dan 2019. Pembukaan cukup sampai sini, selanjutnya ke inti masalah, oke langsung saja.

Memancing bisa menjadi cara yang unik untuk menghabiskan waktu luang Bersama keluarga atau sahabat. Mungkin selama ini Anda sangat ingin mendapatkan pengalaman memancing yang anda idamkan selama bertahun-tahun atau anda ingin mencoba untuk pertama kalinya mendapatkan ikan ketika memancing, untuk pemancing pemula diharapkan jangan takut untuk memulai, saya disini akan memberi dasar-dasar yang akan membantu anda untuk memulai persiapan memancing.

Persiapan memancing
Ilustrasi persiapan memancing

Daftar Persiapan untuk Memancing Ikan

Jangan remehkan poin-poin berikut ya untuk fisher pemula, poin-poin berikut merupakan pendukung penting dalam suksesnya pengalaman strike dari ikan. Apa saja poin penting untuk dipersiapkan? Yuu cek sekarang.

  1. Kesiapan Alat Memancing
  2. Kesiapan Pendukung Memancing Memancing

1. Kesiapan Alat Memancing

Alat memancig harus dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan, bagaimanapun juga alat memancing harus saling cocok dengan alat yang lain, misalnya seperti joran dengan penggulung serta senar yang sama dikelasnya dan sesuai memenuhi kebutuhan.

A. Joran (rod) dan Penggulung (reel)

Hal yang vital bagi pemancing pemula merupakan benda tersebut terutama penggulung (reel), kenapa? Karena memilih reel merupakan titik fokus utama dalam system drag line, apa maksudnya? Singkatnya pastikan penggulung tidak ada masalah seperti macet yang bisa mengakibatkan hentakan ikan yang menyebabkan putusnya benang senar pancing.

penggulung reel persiapan mancing

Rekomendasi saya untuk memilih reel bagi pemancing pemula pastikan gear ratio dan system drag nya oke, serta pilih tipe reel spinning. Kenapa pilih reel spinning? Untuk fisher pemula penggunaan reel ini sangat sederhana dan mudah digunakan, fisher hanya perlu lempar umpan terus ulur dengan jari telunjuk. Jika terjadi strike,langsung saja gulung senar pakai reel spinning nya dengan ibu jari.

Untuk joran yang perlu diperhatikan adalah bagaimana fisher akan memlih target ikannya, ikan apa yang fisher incar atau pun dimana para fisher akan memancing, karena joran mempunyai karakter berbeda untuk setiap ikannya.

Contoh kecil, joran yang Panjang bisa melempar umpan lebih jauh daripada yang pendek, tetapi joran pendek lebih disarankan untuk ikan yang berukuran besar.

Faktor lain yang harus diperhatikan juga adalah berat jorannya, lho kenapa harus diperhatikan? Karena berat joran merupakan faktor utama dalam control fighting ikan, inti nya kalau joran berat dan ikan yang dilawan berat juga ya para fisher bakalan kesulitan mengangkat ikan tersebut.

Tapi kembali lagi ke awal, penentuan dalam memilh joran hanya perlu mengetahui karakteristik joran tersebut dan apa yang para fisher ingin tangkap dalam memancing ikan.

joran persiapan mancing

Rekomendasi saya dalam memilih joran untuk pemula pilihlah yang berbahan dasar karbon, karena ringan dan terhitung baik untuk fisher pemula yang target ikannya di kisaran 1-5 KG. Kemudian joran juga memiliki Panjang yang berjenis, yang berekstensi dan tanpa ekstensi, yang berekstensi bisa dibongkar pasang dan mudah dibawa, sedangkan tanpa ekstensi merupakan joran yang Panjang nya murni tidak disambung-sambung, kelebihanya ya lebih kuat dibanding joran yang berekstensi. Untuk pemilihan tipe Panjang joran menurut saya lebih baik mengambil joran yang pendek tanpa ekstensi.

B. Benang senar (line)

Salah satu bagian yang paling vital lainnya dalam memancing adalah benang senar atau kenur dalam Bahasa inggris “Line”. Sangat mustahil apabila memancing tanpa benang senar wkwkw, terkait line pada memancing banyak sekali pro dan kontra yang saya temui dan banyak pertanyaan dari pemancing pemula seperti ini “line apa yang paling tepat untuk dalam segala kondisi?”. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa ilmu untuk fisher yang masih bingung untuk memilih line yang tepat.

Benang senar persiapan mancing

Berikut info penting dalam memilih senar

a. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Maksud dalam menyesuaikan dengan kebutuhan adalah bagaimana fisher memilih tempat, joran, target ikan serta Teknik yang akan digunakan. Hal itu sangat berpengaruh sesuai tepat guna benang, apabila para fisher mengabaikan prinsip tersebut maka akan berujung ketidak nyamanan dalam memancing serta pengalaman jelek dalam memancing. lalu apa saja yang harus di perhatikan?

 Apabila peralatan memancing seperti joran, penggulung dan hook tidak cocok dengan karakteristik atau ukuran senar itu sendiri maka yang akan dirasakan seperti aneh atau tidak nyaman ketika melempar umpan, tidak maksimal serta bisa mengakibatkan senar keluar dari spool dengan sendirinya. Kesimpulannya adalah dengan menyesuaikan.

b. Bahan dasar atau material senar

Bahan yang paling umum digunakan diantaranya nilon, serabutan benang, Fluorocarbon, hingga serat-serat yang digabung dan diberi coating agar lapisan lebih licin dan halus. Apabila target fisher adalah ikan-ikan kecil atau sedang dengan Teknik dasar sederhana maka memakai bahan nilon saja sudah cukup.

C. Mata kail atau Hook

Memilih mata kail harus disertai dengan pemahaman yang cukup terkait karakteristik ikan yang fisher targetkan, beberapa sifat ikan dalam memberi strike sangat berbeda-beda. Ada dengan cara mecuit, menyambar, meroteh, hingga mehisap umpan dan cara lainnya. Saya akan memberi gambar sederhana tentang pemilihan hook yang tepat untuk fisher semua.

Tips Persiapan Memancing untuk Pemula 1

2. Kesiapan Pendukung dalam memancing

Pendukung berikut bukan lah cheersleader yang membuat semangat memancing ya hehe, tapi beberapa peralatan dan pakaian yang mendukung di lapangan agar para fisher lebih nyaman dalam memancing.

A. Umpan

Umpan merupakan poin penting dalam mendapatkan Strike ikan, secara sederhana umpan dibagi 2 yaitu umpan hidup dan umpan mati. Kegunaanya berbeda-beda tergantung dengan tempat dan target ikan.

Umpan persiapan mancing
a. Umpan Hidup

Merupakan umpan yang paling umum, murah dan sederhana, walaupun begitu umpan hidup sangat efektif untuk memancing di air tawar. Umpan hidup bisa berupa cacing, lumut, atau racikan sendiri.

  1. Kelebihan:
    • Murah
    • Bisa dengan kreasi/ racikan sendiri atau di oplos dengan essen
    • Ikan mudah mengenali terutama dengan aroma
    • Mudah didapatkan
  2. Kekurangan:
    • Bisa boros waktu dalam mencari atau membuat racikan sendiri
    • Harus mengerti apa yang disukai
b. Umpan Mati atau Tiruan

Umpan mati atau tiruan sangat digemari oleh pemancing-pemancing pasif atau mereka yang sudah ahli dalam karakteristik ikan dan teknik yang cocok dengan umpan mati atau tiruan tersebut.

  1. Kelebihan:
    • Mudah dalam perawatan
    • Mudah didapatkan
  2. Kekurangan
    • Lumayan mahal
    • Harus menguasai ikan dan lingkungan
    • Tidak sembarang kelengkapan memancing

B. Pakaian Memancing

Pakaian yang dikenakan harus mendukung dalam segi kenyamanan, apabila poin ini di abaikan, kemungkinan Anda akan cepat bosan dan mengakhiri mancing, karena itulah poin ini harus lebih diperhatikan, apa saja pakaian yang mendukung? Yuk cek sekarang

  1. Topi
    • Topi sangat dibutuhkan apabila kondisi cuaca sangat panas
  2. Jaket atau Rompi
    • Kenakan jaket dan rompi untuk persiapan apabila cuaca sangat dingin atau kondisi alam disertai angin kencang.
  3. Sepatu Boot
    • Digunakan apabila memancing di area rawa-rawa atau sungai, karena di area tersebut kemungkinan ada lintah atau mahluk lainnya yang bisa melukai kaki fisher.
  4. Sarung Tangan
    • Benda ini lumayan mendukung performa fisher ketika fighting dengan ikan yang ditangkapnya.

Kesimpulannya para fisher harus menyesuaikan alat pancing nya dengan karakteristik lingkungan dan ikan. sedikit amanat dari saya, “terus lakukan riset serta baca baca baca amati pengalaman orang lain”. Mungkin artikel ini akan saya terus update untuk informasi yang lebih sempurna. Sekian dari saya, Assalamualaikum Warahmatullah…

Referensi yang saya gunakan:

http://www.mancingarena.com/2015/04/Mengenal-Lebih-Jauh-Seputar-Peralatan-Mancing.html

http://www.mancingarena.com/2015/04/tips-memilih-senarkenur-yang-baik-dan.html

https://www.superadventure.co.id/news/17536/menyambut-akhir-pekan-ini-4-tips-memilih-alat-pancing-untuk-pemula-bro-/

https://kkp.go.id/infografis-detail/1937-laporan-pencapaian-dan-evaluasi-program-4-tahun-kkp-pada-pemerintahan-kabinet-kerja

http://perikanan38.blogspot.com/2018/03/pedoman-memilih-mata-pancing.html